MULTIMEDIA PEMBELAJARAN


Unknown | 01.43 |


 TEKNIK PENULISAN SKRIP DALAM Multimedia PEMBELAJARAN
Tujuan Perkuliahan
Peserta dapat menjelaskan:
Definisi konsep skrip dalam pembelajaran berbasis komputer
Memahami contoh karakteristik skrip pembelajaran berbasis model tutorial
Memahami contoh karakteristik skrip pembelajaran berbasis model simulasi
Memahami contoh karakteristik skrip pembelajaran berbasis model games (permainan)
Memahami contoh karakteristik skrip pembelajaran berbasis model drill (latihan)
Definisi multimedia
Elemen-elemen multimedia
Authoring tools
Distribusi multimedia
Pemanfaatan multimedia
Multimedia Pembelajaran Interaktif
Prosedur Pengembangan Berbantuan Komputer, seperti adanya Istilah-Istilah Tentang:
CAI   = Computer Assistance Instruction (USA)
CAL  = Computer Assistance Learning (UK)
CBI   = Computer Based Instruction
CBT  = Computer Based Training (penerapan CAI        pada pegawai)
CML = Computer Mediated Learning (e-learning) dengan target              audience mahasiswa
CBE  = Computer Based Education
CAI   = Computer Aided Instruction
CAL  = Computer Aided Learning
CMI  = Computer Management Instruction
CSRL = Computer Supported Resource Learning
CAI    = Computer Assistance Instruction (USA)
CAL   = Computer Assistance Learning (UK)
CBI    = Computer Based Instruction
CBT   = Computer Based Training (penerapan CAI        pada pegawai)
CML  = Computer Mediated Learning (e-learning) dengan target              audience mahasiswa
CBE   = Computer Based Education
CAI   = Computer Aided Instruction
CAL  = Computer Aided Learning
CMI   = Computer Management Instruction
CSRL = Computer Supported Resource Learning
APA ITU SKRIP ?
Sejumlah naskah perencanaan produksi program yang harus disiapkan oleh perancang pembelajaran berbasis komputer yang meliputi analisis kebutuhan program, hasil telaah konten pembelajaran, flow chart, story board dan penetapan software dalam membangun model pembelajaran berbasis komputer.
Model skrip yang dimaksud yaitu: Model multimedia pembelajaran tutorial
Model multimedia pembelajaran simulasi
Model multimedia pembelajaran games
Model multimedia pembelajaran drilModel multimedia pembelajaran tutorial
Model multimedia pembelajaran simulasi
Model multimedia pembelajaran games
Model multimedia pembelajaran dril
Karakteristik Skrip Model TutorialKarakteristik Skrip Model Tutorial
Ketentuan umum bahwa model ini bisa dikembangkan untuk materi yang memiliki karakteristik sebagai berikut:
 Informasi baru
 Bersifat konsep
 Luas dan mendalam
 Memerlukan kontrol dan mastery learning
Berhubungan antara bagian pokok materi yang satu dengan lainnya
Memungkinkan dipelajari secara berulang
Memiliki pola berpikir dan arah pembelajaran bercabang
Membutuhkan kontrol waktu dalam setiap segmen materi atau mastery learning secara keseluruhan
Menekankan pada pengoptimalan pencapaian aspek kognitif. 
Ciri Khas Skrip Model Tutorial Mempunyai Bentuk Prosedur
Pendahuluan berisikan Identitas mata pelajaran, Identitas programer, Judul pokok materi pelajaran, petunjuk atau langkah pembelajaran yang harus ditempu.
Pokok materi. Materi dikemas dalam bentuk skrip tutorial ini dapat dibagi ke dalam due bagian yaitu bagian uraian materi (content) dan bagian evaluation.
Lanjutan
Jenis balikan atau respon
Deteksi jawaban salah dan betul
Soal formatif atau UTS, bisa disajikan secara tersendiri di luar prosedur tutorial.
Melihat hasil.
Jenis balikan atau respon
Deteksi jawaban salah dan betul
Soal formatif atau UTS, bisa disajikan secara tersendiri di luar prosedur tutorial.
Melihat hasil.
Pendahuluan berisi: identitas mata pelajaran, identitas programer, judul pokok materi pelajaran, petunjuk atau langkah pembelajaran yang harus ditempuh selama proses simulasi berlangsung
Pokok materi: disajikan dalam bentuk simulasi atau proses terjadinya sesuatu, cara atau prosedur kerja dan mengerjakan sesuatu dengan dan tanpa alat khusus dengan sajian animasi yang lengkap.
Adanya fasilitas untuk melakukan proses pengulangan simulasi dari materi yang dimaksud
Adanya ilustrasi dalam bentuk animasi dari penjelasan materi yang berhubungan prosedur, proses dan cara kerja serta menggunakan alat tertentu.
Pemberian fasilitas pengulangan simulasi oleh peserta didik mengenai materi yang disajikan.

Evaluasi Disajikan Secara Terpisah Dari Materidalam Bentuk Simulasi Tersebut. Evaluasi Disusun Seperti Halnya Pada Tutorial
Soal Formatif Atau Uts, Bisa Disajikan Secara Tersendiri
Melihat Hasil 
Karakteristik Skrip Model Games (Permainan)/Ketentuan Umum Skrip Model Gamesbersifat Proses Mencari Dan Menemukan Jawaban Sendiri Oleh Siswa
Terdiri Dari Prosedur Dan Langkah Serta Aturan Permainan Yang Harus Diikuti Selama Pembelajaran Berlangsung
Materi Terdiri Atas Bagian-Bagian Yang Harus Memiliki Satu Kesatuan
Bertujuan Untuk Membuktikan Sesuatu Dan Mencari Jawaban Sesuai Dengan Langkah Permainan
Menunjukkan Proses Dan Prosedur Permainan Yang Menarik
Bersifat Analisis, Sintesis, Evaluasi Dan Penyimpulan Bagian Materi
Memerlukan Proses Permainan Dan Berfikir Kritis
Memerlukan Bentuk Dan Variasi Stimulus Dan Penguatan Yang Kuat
Menuntut Evaluasi Dalam Bentuk Sikap Kejujuran Dan Kecermatan 
Bersifat Proses Mencari Dan Menemukan Jawaban Sendiri Oleh Siswa
Terdiri Dari Prosedur Dan Langkah Serta Aturan Permainan Yang Harus Diikuti Selama Pembelajaran Berlangsung
Materi Terdiri Atas Bagian-Bagian Yang Harus Memiliki Satu Kesatuan
Bertujuan Untuk Membuktikan Sesuatu Dan Mencari Jawaban Sesuai Dengan Langkah Permainan
Menunjukkan Proses Dan Prosedur Permainan Yang Menarik
Bersifat Analisis, Sintesis, Evaluasi Dan Penyimpulan Bagian Materi
Memerlukan Proses Permainan Dan Berfikir Kritis
Memerlukan Bentuk Dan Variasi Stimulus Dan Penguatan Yang Kuat
Menuntut Evaluasi Dalam Bentuk Sikap Kejujuran Dan Kecermatan
Skrip Model Games Memiliki Prosedur
Pendahuluan Berisi: Identitas Mata Pelajaran, Identitas Programer, Judul Pokok Materi Pelajaran, Petunjuk Atau Langkah Pembelajaran Yang Harus Ditempuh Dalam Bentuk Petunjuk Permainan
Pokok Materi: Disajikan Dalam Bentuk Permainan (Kuis, Peragaan, Pelakonan Dan Sebagainya) Selama Mengerjakan Sesuatu Dengan Kategori Permainan Yang Bervariasi 

Adanya Fasilitas, Untuk Melakukan Proses Pengulangan Permainan Dari Setiap Bagian Materi Termuat Di Dalamnya
Adanya Pelakon, Tokoh Atau Pengganti Peran Siswa Dalam Setiap Permainan
Pemberian Fasilitas Pengulangan Permainan Oleh Peserta Didik Mengenai Materi Yang Disajikan
Setiap Akhir Permainan Ada Reward
Evaluasi Disajikan Diakhir Permainan Baik Secara Terpadu Atau Terpisah Dari Materi Yang Disajikan
Soal Formatif Atau Uts Bisa Disajikan Secara Tersendiri Di Luar Prosedur Permainan
Melihat Hasil

0 komentar:

Posting Komentar