Tujuan Perkuliahan
Peserta dapat menjelaskan:
Definisi konsep skrip dalam
pembelajaran berbasis komputer
Memahami contoh karakteristik
skrip pembelajaran berbasis model tutorial
Memahami contoh karakteristik
skrip pembelajaran berbasis model simulasi
Memahami contoh karakteristik
skrip pembelajaran berbasis model games (permainan)
Memahami contoh karakteristik
skrip pembelajaran berbasis model drill (latihan)
Definisi multimedia
Elemen-elemen multimedia
Authoring tools
Distribusi multimedia
Pemanfaatan multimedia
Multimedia Pembelajaran
Interaktif
Prosedur Pengembangan Berbantuan Komputer, seperti adanya
Istilah-Istilah Tentang:
CAI = Computer Assistance Instruction (USA)
CAL = Computer Assistance Learning (UK)
CBI = Computer Based Instruction
CBT = Computer Based Training (penerapan CAI pada pegawai)
CML = Computer Mediated Learning (e-learning) dengan
target audience mahasiswa
CBE = Computer Based Education
CAI = Computer Aided Instruction
CAL = Computer Aided Learning
CMI = Computer Management Instruction
CSRL = Computer Supported
Resource Learning
CAI = Computer Assistance Instruction (USA)
CAL = Computer Assistance Learning (UK)
CBI = Computer Based Instruction
CBT = Computer Based Training (penerapan CAI pada pegawai)
CML = Computer Mediated Learning (e-learning) dengan
target audience mahasiswa
CBE = Computer Based Education
CAI = Computer Aided Instruction
CAL = Computer Aided Learning
CMI = Computer Management Instruction
CSRL = Computer Supported
Resource Learning
APA ITU SKRIP ?
Sejumlah naskah perencanaan produksi program yang harus disiapkan
oleh perancang pembelajaran berbasis komputer yang meliputi analisis kebutuhan
program, hasil telaah konten pembelajaran, flow chart, story board dan
penetapan software dalam membangun model pembelajaran berbasis komputer.
Model skrip yang dimaksud
yaitu: Model multimedia pembelajaran
tutorial
Model multimedia pembelajaran
simulasi
Model multimedia pembelajaran
games
Model multimedia pembelajaran
drilModel multimedia pembelajaran tutorial
Model multimedia pembelajaran
simulasi
Model multimedia pembelajaran
games
Model multimedia pembelajaran dril
Karakteristik Skrip Model TutorialKarakteristik Skrip Model
Tutorial
Ketentuan umum bahwa model ini bisa dikembangkan untuk materi
yang memiliki karakteristik sebagai berikut:
Informasi baru
Bersifat konsep
Luas dan mendalam
Memerlukan kontrol dan mastery learning
Berhubungan antara bagian pokok
materi yang satu dengan lainnya
Memungkinkan dipelajari secara
berulang
Memiliki pola berpikir dan arah
pembelajaran bercabang
Membutuhkan kontrol waktu dalam
setiap segmen materi atau mastery learning secara keseluruhan
Menekankan pada pengoptimalan
pencapaian aspek kognitif.
Ciri Khas Skrip Model Tutorial Mempunyai Bentuk Prosedur
Pendahuluan berisikan Identitas
mata pelajaran, Identitas programer, Judul pokok materi pelajaran, petunjuk
atau langkah pembelajaran yang harus ditempu.
Pokok materi. Materi dikemas dalam bentuk skrip tutorial ini
dapat dibagi ke dalam due bagian yaitu bagian uraian materi (content) dan
bagian evaluation.
Lanjutan
Jenis balikan atau respon
Deteksi jawaban salah dan betul
Soal formatif atau UTS, bisa
disajikan secara tersendiri di luar prosedur tutorial.
Melihat hasil.
Jenis balikan atau respon
Deteksi jawaban salah dan betul
Soal formatif atau UTS, bisa
disajikan secara tersendiri di luar prosedur tutorial.
Melihat hasil.
Pendahuluan berisi: identitas
mata pelajaran, identitas programer, judul pokok materi pelajaran, petunjuk
atau langkah pembelajaran yang harus ditempuh selama proses simulasi
berlangsung
Pokok materi: disajikan dalam
bentuk simulasi atau proses terjadinya sesuatu, cara atau prosedur kerja dan
mengerjakan sesuatu dengan dan tanpa alat khusus dengan sajian animasi yang
lengkap.
Adanya fasilitas untuk
melakukan proses pengulangan simulasi dari materi yang dimaksud
Adanya ilustrasi dalam bentuk
animasi dari penjelasan materi yang berhubungan prosedur, proses dan cara kerja
serta menggunakan alat tertentu.
Pemberian fasilitas
pengulangan simulasi oleh peserta didik mengenai materi yang disajikan.
Evaluasi Disajikan Secara
Terpisah Dari Materidalam Bentuk Simulasi Tersebut. Evaluasi Disusun Seperti
Halnya Pada Tutorial
Soal Formatif Atau Uts, Bisa
Disajikan Secara Tersendiri
Melihat Hasil
Karakteristik Skrip Model
Games (Permainan)/Ketentuan Umum Skrip Model Gamesbersifat Proses Mencari Dan
Menemukan Jawaban Sendiri Oleh Siswa
Terdiri Dari Prosedur Dan
Langkah Serta Aturan Permainan Yang Harus Diikuti Selama Pembelajaran
Berlangsung
Materi Terdiri Atas
Bagian-Bagian Yang Harus Memiliki Satu Kesatuan
Bertujuan Untuk Membuktikan
Sesuatu Dan Mencari Jawaban Sesuai Dengan Langkah Permainan
Menunjukkan Proses Dan
Prosedur Permainan Yang Menarik
Bersifat Analisis, Sintesis,
Evaluasi Dan Penyimpulan Bagian Materi
Memerlukan Proses Permainan
Dan Berfikir Kritis
Memerlukan Bentuk Dan Variasi
Stimulus Dan Penguatan Yang Kuat
Menuntut Evaluasi Dalam Bentuk
Sikap Kejujuran Dan Kecermatan
Bersifat Proses Mencari Dan
Menemukan Jawaban Sendiri Oleh Siswa
Terdiri Dari Prosedur Dan
Langkah Serta Aturan Permainan Yang Harus Diikuti Selama Pembelajaran
Berlangsung
Materi Terdiri Atas
Bagian-Bagian Yang Harus Memiliki Satu Kesatuan
Bertujuan Untuk Membuktikan
Sesuatu Dan Mencari Jawaban Sesuai Dengan Langkah Permainan
Menunjukkan Proses Dan
Prosedur Permainan Yang Menarik
Bersifat Analisis, Sintesis,
Evaluasi Dan Penyimpulan Bagian Materi
Memerlukan Proses Permainan
Dan Berfikir Kritis
Memerlukan Bentuk Dan Variasi
Stimulus Dan Penguatan Yang Kuat
Menuntut Evaluasi Dalam Bentuk
Sikap Kejujuran Dan Kecermatan
Skrip Model Games Memiliki
Prosedur
Pendahuluan Berisi: Identitas
Mata Pelajaran, Identitas Programer, Judul Pokok Materi Pelajaran, Petunjuk
Atau Langkah Pembelajaran Yang Harus Ditempuh Dalam Bentuk Petunjuk Permainan
Pokok Materi: Disajikan Dalam
Bentuk Permainan (Kuis, Peragaan, Pelakonan Dan Sebagainya) Selama Mengerjakan
Sesuatu Dengan Kategori Permainan Yang Bervariasi
Adanya Fasilitas, Untuk Melakukan
Proses Pengulangan Permainan Dari Setiap Bagian Materi Termuat Di Dalamnya
Adanya Pelakon, Tokoh Atau
Pengganti Peran Siswa Dalam Setiap Permainan
Pemberian Fasilitas Pengulangan
Permainan Oleh Peserta Didik Mengenai Materi Yang Disajikan
Setiap Akhir Permainan Ada Reward
Evaluasi Disajikan Diakhir
Permainan Baik Secara Terpadu Atau Terpisah Dari Materi Yang Disajikan
Soal Formatif Atau Uts Bisa
Disajikan Secara Tersendiri Di Luar Prosedur Permainan
Melihat Hasil
0 komentar:
Posting Komentar